kejadian ini berawal saat gw riding berangkat kerja dari rumah (gajah mada ) ke tempat gawe (jl.perancis,tangerang ) seperti biasa jalan yg gw lalui yaitu sepanjang jl daan mogot pas sampai didaerah pesing gw pencet klakson untuk memberi tanda mobil didepan gw bahwa gw mau mendahuluinya.
eee..kok klaksone bisu?? berhenti sebentar untuk ngecek klakson kali aja kabelnya kendor pikir gw dalam hati,setelah gw chek semua g da masalah dg kabelnya semua masih menancap pada soket klakson dg sempurna. ah..klaksonnya mati kali..ntar aja dah klo dah sampai di tempat gawe beli klakson baru, gw terpaksa melanjutkan perjalanan tanpa klakson.
saat istirahat makan siang gw pergi ke bengkel biasa (bukan beres) gw beli oli shell ax7. kenapa g ke beres yamaha aja?selain jauh, pikir gw cma klakson ini di bengkel biasa jg banyak yg jual..hehe. 🙂
sampai dibengkel tanya ma ngkohnya,ada klakson g koh yg biasa aja? ada,jawab engkohnya di tawarin merk M*tsuba katanya klakson ori motor merk H,gw tebus seharga 20rb aja..setelah sampai tempat gawe gw pasang sendiri tu klakson setelah kedua kabel menancap ke ke soket klakson gw coba kok g bunyi..?gw coba puter2 baut untuk nyetel klakson tp tetep g bisa….dan apa yg terjadi??? terlihat di bagian belakang headlamp motor gw ngeluarin asap,panik..!!!langsung gw cabut kunci kontak motor gw,buka jok..lihat kondisi sekering pun ikut terbakar..!!!
gw lihat di bagian lampu yg tadi terbakar ternyata kabel yg menuju switch kontak (warna coklat-merah), setelah itu gw potong/buang kabel yg terbakar tadi,coba gw test dg langsung menyambung kabel switch tdi (merah-coklat) ternyata motor bisa hidup dan g ada kode kedipan pada indikator chek engine di speedometer vixion gw. alhamdulillah g ada yg rusak… :-).
setelah gw tahu semua normal tinggal ngakalin kunci kontak yg kabelnya tadi ikut habis terbakar, gw beli soket baru (fitting k2) dibengkel seharga 12rb dan gw solder ulang agar soket yg baru tadi tersambung ke konci kontak. dan masalah pun terselasaikan…hehe.. 😀
sekedar mengingatkan hati2 saat memasang part2 yg berhubungan dg kelistrikan,salah2 bisa membuat konslet.ada baiknya bawa kebengkel(beres) aja untuk lebih amannya.
untuk sekedar informasi vixion gw headlampnya udah gw ganti dg headlamp model klx,seluruh kabel2nya telah gw isolasi dg solasi warna item untuk mencegah air masuk. selama krang lbih setahun gw pakai headlamp ini g pernah terjadi apa2 dan pun setelah klakson merk M tersebut gw cabut jg g apa2 (sekarang gw pakai klakson merk lain aman2 aja sampai sekarang).
yg jadi pertanyaan gw, apakah klakson bisa menyebabkan konsleting?atau mungkin ada penyebab lain? dan apakah klakson ori buat moto H g bisa dipakai pada motor merk Y?
monggo bgi bro& sis yg punya pengalaman mengganti klakson di vixionnya,share ke gw donk.. 🙂
ngeri, nice move.. untng gak sampe keblabasan dan jd heboh.. yup, klo gak ngerti kelistrikan mmng lbh baik serahkan ke ahlinya, vixi ane pun kelistrikann sllu minta dicek pas service.. tuk klakson standar aj, jrg makenya 🙂
By: kasamago on 17 Desember 2011
at 03:48
iye bro..kelistrikan vixi emang ribet.. 🙂
thanx dah mampir,salam kenal bro 😀
By: tovavanjava on 17 Desember 2011
at 03:51
Ane gak berani sendiri kl psang alat yg berhubungan dengan kelistrikan di vixi,..ane aja pasang klakson keong sama bro Afandi (AFMOS) :D.
By: aaikhwan on 22 Desember 2011
at 00:45
sip.. 😀
By: tovavanjava on 22 Desember 2011
at 02:00
hampir sma bro kisahny sma gw, ktka psang klakson tp mekanikny krang bgtu fham ma klistrikan si vixi ..
By: Eko Buddi P on 3 Mei 2012
at 00:01
Wah kejadian ini 100% sama persis dgn yg gw alami…
By: fauzi on 11 Juli 2013
at 08:38
dulu gw waktu pasang alarm di vixie jg begitu, bahkan bengkel resminya aja gak berani masang, takut salah katanya.. 😦
By: kaligrafi art on 2 Oktober 2013
at 00:09