Oleh: tovavanjava | 16 Desember 2011

Gara2 klakson..si vixi hampir ke bakar..!!!

kejadian ini berawal saat gw riding berangkat kerja dari rumah (gajah mada ) ke tempat gawe (jl.perancis,tangerang )  seperti biasa jalan yg gw lalui yaitu sepanjang jl daan mogot pas sampai didaerah pesing gw pencet klakson untuk memberi tanda mobil didepan gw bahwa gw mau mendahuluinya.

 

vixion gw

vixion gw

eee..kok klaksone bisu?? berhenti sebentar untuk ngecek klakson kali aja kabelnya kendor pikir gw dalam hati,setelah gw chek semua g da masalah dg kabelnya semua masih menancap pada soket klakson dg sempurna. ah..klaksonnya mati kali..ntar aja dah klo dah sampai di tempat gawe beli klakson baru, gw terpaksa melanjutkan perjalanan tanpa klakson.

saat istirahat makan siang gw pergi ke bengkel biasa (bukan beres) gw beli oli shell ax7. kenapa g ke beres yamaha aja?selain jauh, pikir gw cma klakson ini di bengkel biasa jg banyak yg jual..hehe. 🙂

"Tersangka"

"Tersangka"

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sekring terbakar

sekring terbakar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sampai dibengkel tanya ma ngkohnya,ada klakson g koh yg biasa aja? ada,jawab engkohnya di tawarin merk M*tsuba katanya klakson ori motor merk H,gw tebus seharga 20rb aja..setelah sampai tempat gawe gw pasang sendiri tu klakson setelah kedua kabel menancap ke ke soket klakson gw coba kok g bunyi..?gw coba puter2 baut untuk nyetel klakson tp tetep g bisa….dan apa yg terjadi??? terlihat di bagian belakang headlamp motor gw ngeluarin asap,panik..!!!langsung gw cabut kunci kontak motor gw,buka jok..lihat kondisi sekering pun ikut terbakar..!!!

socket pun ikut terbakar

socket pun ikut terbakar

gw lihat di bagian lampu yg tadi terbakar ternyata kabel yg menuju switch kontak (warna coklat-merah), setelah itu gw potong/buang kabel yg terbakar tadi,coba gw test dg langsung menyambung kabel switch tdi (merah-coklat) ternyata motor bisa hidup dan g ada kode kedipan pada indikator chek engine di speedometer vixion gw. alhamdulillah g ada yg rusak… :-).

kabel switch kontak (hijau)aslinya warna merah-coklat

kabel switch kontak (hijau)aslinya warna merah-coklat

setelah gw tahu semua normal tinggal ngakalin kunci kontak yg kabelnya tadi ikut habis terbakar, gw beli soket baru (fitting k2) dibengkel seharga  12rb dan gw solder ulang agar soket yg baru tadi tersambung ke konci kontak. dan masalah pun terselasaikan…hehe.. 😀

sekedar mengingatkan hati2 saat memasang part2 yg berhubungan dg kelistrikan,salah2 bisa membuat konslet.ada baiknya bawa kebengkel(beres) aja untuk lebih amannya.

untuk sekedar informasi vixion gw headlampnya udah gw ganti dg headlamp model klx,seluruh kabel2nya telah gw isolasi dg solasi warna item untuk mencegah air masuk. selama krang lbih setahun gw pakai headlamp ini g pernah terjadi apa2 dan pun setelah klakson merk M tersebut gw cabut jg g apa2 (sekarang gw pakai klakson merk lain aman2 aja sampai sekarang).

yg jadi pertanyaan gw, apakah klakson bisa menyebabkan konsleting?atau mungkin ada penyebab lain? dan apakah klakson ori buat moto H g bisa dipakai pada motor merk Y?

monggo bgi bro& sis yg punya pengalaman mengganti klakson di vixionnya,share ke gw donk.. 🙂


Tanggapan

  1. ngeri, nice move.. untng gak sampe keblabasan dan jd heboh.. yup, klo gak ngerti kelistrikan mmng lbh baik serahkan ke ahlinya, vixi ane pun kelistrikann sllu minta dicek pas service.. tuk klakson standar aj, jrg makenya 🙂

    • iye bro..kelistrikan vixi emang ribet.. 🙂
      thanx dah mampir,salam kenal bro 😀

  2. Ane gak berani sendiri kl psang alat yg berhubungan dengan kelistrikan di vixi,..ane aja pasang klakson keong sama bro Afandi (AFMOS) :D.

  3. sip.. 😀

  4. hampir sma bro kisahny sma gw, ktka psang klakson tp mekanikny krang bgtu fham ma klistrikan si vixi ..

  5. Wah kejadian ini 100% sama persis dgn yg gw alami…

  6. dulu gw waktu pasang alarm di vixie jg begitu, bahkan bengkel resminya aja gak berani masang, takut salah katanya.. 😦


yg mau koment silahkan,g juga tidak apa2..thanx dah berkunjung.. :D

Kategori