Oleh: tovavanjava | 19 April 2012

[review] Busi iridium si vixi…. :)

Busi pada sepeda motor mempunyai peranan penting..tanpa busi motor gak bisa nyala… 😀

 

 

 

 

 

FUNGSI AWAL BUSI: Busi mempunyai 2 fungsi utama :

• Membakar campuran udara dan bensin
• Mentransfer panas dari hasil pembakaran sebelum dan sesudah

Busi mengalirkan energy listrik dan mengubah bahan bakar menjadi energy. Asupan sumber listrik harus cukup dari sistem pengapian untuk memercikan listrik antara gap busi (baca:katoda+anoda). Kerja tersebut disebut “Kinerja Pengapian Mesin”
Temperatur ujung busi harus terjaga pada suhu serendah mungkin untuk mencegah “Pre-ignition”(baca:ngelitik) tapi setinggi mungkin untuk mencegah “Fouling”(baca:miss ignite) . kerja tersebut disebut “Kinerja Suhu Mesin”, dan ditentukan oleh panas kisaran tertentu.
Perlu di ingat busi tidak menciptakan panas, busi hanya membuang panas. Busi berkerja sebagai penukar panas dengan membuang panas berlebih keluar dari ruang bakar dan mentransfer panas energy ke sistem pendingin mesin. Kisaran panas dapat diukur melalui kemampuan busi untuk membuang panas
Tingkat kemampuan busi mentransfer panas dapat dilihat melalui:
• Panjang insulator busi
• Volume gas sekitar insulator
• Bahan elektroda (baca tip busi “eg iridium,platinum,chopper,ect”) dan insulator porselen (baca:kualitas bahan keramik)

Kisaran panas busi tidak berkaitan dengan aliran tegangan listrik dari coil menuju busi. Padalah, kisaran panas diukur melalui kemampuan busi untuk membuang panas berlebih dari ruang bakar. Tingkat kisaran panas dipengaruhi oleh beberapa faktor;
– panjang insulator porselen dan kemampuannya untuk menyerap dan mentransfer panas ruang bakar – bahan insulator porselen dan bahan elektroda

contoh : iridium,platinum,chopper,dll..dsb..

yup..ada berbagai jenis dan merk busi yg bisa kita temui di bengkel2 motor ataupun toko2 aksesoris…gak usah sebut merklah..pasti bro2 semua sudah tau..merk2 apa saja yg bnyak beredar dipasaran… 🙂

denso iridium

denso iridium

 

kali ini saya cma mau ngasih review pemakaian Busi jenis iridium yg saya gunakan di my piksen…sebelum pakai busi iridium saya sudah mencoba busi standar (pabrik) Platinum dan chopper dari Autolit*…

oia..busi yg saya gunakan adalah Busi iridium Merk D*nso IU24 diameter elektroda 0.4mm .terus apa yg saya saya rasain saat menggunakan busi jenis ini….

– Dibanding Busi d*nso bawaan (pabrik) /standar  vixion atau busi NG* platinum maupun autolit* chopere yg pernah saya pakai sebelumnya  ada peningkatan, tarikan/akelerasi  jadi lebih enteng..0-100km pun cepet didapet..ntah cma sugesti aja..atau memang bener adanya. yg jelas itu yg saya rasain. #mau protes..silahkan….. :mrgreen:

– biasanya klo pakai busi standar 3blan sekali ganti busi (6000km) tapi klo pakai busi Iridium udah hampir 9blan atau hampir 20000km belum saya ganti karena performany jgmasih sama seperti waktu pertama kali pasang. imho.

busi iridium nemplok di vixi

busi iridium nemplok di vixi

 

memang sih secara harga terpaut jauh dari busi stadart maupun yg Platinum…busi standar bisa kita tebus dg harga “cuma” 15rb dan yg platinum

30rb bandingkan dg yg Iridium dikisaran harga 90-100rb (tergantung toko penjulanya).

gimana dg bro2 semua…di motornya pakai busi apa nih…? atau yg pakai busi iridium monggo di share pengalamannya… 😀

 


Tanggapan

  1. mahallllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll
    . racoen
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/19/diy-pasang-sendiri-stop-lamp-tiger-revo-ke-honda-megapro-part-13/

  2. aku wes 12.000KM durung gantii 😀

    http://areeya2.wordpress.com/2012/04/19/kalo-honda-teralis-itu-kayak-gini-gmna-yya/

    • iridium jg to..? 😀

      • mbuh,,gk mudeng,, NGK sepuluh ewu-nan :mrgreen:

        • wkwkwkkw..kuwi mah kawe sejuta… 😆

  3. beli busi honda aja 12 rb,wkwkwkwk

  4. busi ajib.. 😀

    • si merah pake busi apaan bro..? Busi Nology ya? :mrgreen:

      • NGK iridium :mrgreen:

  5. wah dadi kepingin ikut pakai iridium juga katanya emang joss buat tenaga

    • monggo pakde..di coba..hehe.. :p

  6. ane masih standart, tiap 5-10rb km ganti..

  7. aku isih sutandar wae…

    • ganti karo iridium om…. :mrgreen:

      • larang..
        standar wae, sing penting duwe cadangan nek mati ndadak..
        😀

  8. TDR balisstic aja gan. . . murah meriah tp performa ny lbh baik dr busi standar

    • thanx atas masukannya mas bro… 😀

  9. klo ane selalu pake busi ngk platinum, soalnya lebih tahan panas dan juga bikin pengampian bagus gk kaya busi bawaan standar pabrik yg baru 2 bulan udah melempem, tpi itu rekomendasi buat motor berkompresi 9.5 : 1 keatas. klo dibawah itu busi bawaan pabrik juga bisa tahan lama kok.

  10. saya pake busi standar tapi awet juga, murah lagi 😀 cuma 10rb – 12rb tergantung bengkelnya

    • yup…yg penting ada businya bro…hihihiihi.. :mrgreen:

  11. Sedang nyoba pakai NGK Platinum C7HVX mas, di revo 100cc… Udah 4000 km, performa mulai trasa turun… 🙂 Sebelumnya pakai TDR Ballistic 😀

  12. Saya pakai busi berdarah bro… 😀

  13. ane juga pake busi iridum ,.,.,.tp maseh aje d asepin fu,.,.,.heheh

  14. Pengen nyoba pake iridium buat vixi ku, kira2 di bengkel resmi jual ga ya?

  15. Betul bro, ane udah hampir 3 th pake iridium gk pernah ganti busi lagi, biasanya dibengkel resmi tersedia, cm kalo gk nanya mereka jg bakal diem aj…secara pengapian, performance & tenaga nyaris stabil tp itu juga ane dukung dengan bahan bakar yang baik (pake pertamax). Tp yang terpenting dengan busi yang baik bisa mencegah keawetan parts2 yang lain…

  16. dah 4 taun belom ganti busi, udah saatnya belum yaa

  17. wah…wah…
    yg biasax syang mtor psti ngrti mao pke busi yg bgus yg mn…

    kt jauh d bwah pngthuanx yg bwt motor ni sndri brow. si jepang jg udh mndesain sdmikian rupa yg baek untuk temuanx…low kita mrubah stndar pbrik p gk snyang mtor brow??
    stiap d klbian psti d kekurngan, stiap d kekurangan psti d klbihan

    low mc syank mtor mnding pke yg stdard j brow…meski busi gk than lma tp motorx yg awet. drpd bli mtor lg lbih baek bli busi krna rusak…. (^v^)

    • Ga ngerti saya bahasa anda bro

  18. ane punya vega zr,,,ane ganti busi standar pke TDR ballansic,,tarikannya lumayan nambah ok,,,

  19. tu setting COnya berapa gan?

    • coba cari settingan CO yg ps aja gan…bwa ke beres…. 🙂

  20. Percuma aja pake iridium gan, itu hanya diawalnya aja. Selanjutnya setelah nambah dapat 5000 di sepedonya agan semua akan terasa kalau gak ngefek di mesin motor..

  21. Emang enak bro, NVL ane aja nempel trus sama ninja 250 modifan. Gokil deh ini busi, di gas dikit aja lngsng ngacir. Btw Jangan anda gunakan full bensin subsidi klo udah ganti busi ini. Yang ada motor ga mau jalan, wkwkwk

    • emang ga bsa gan?


yg mau koment silahkan,g juga tidak apa2..thanx dah berkunjung.. :D

Kategori