Busi pada sepeda motor mempunyai peranan penting..tanpa busi motor gak bisa nyala… 😀
FUNGSI AWAL BUSI: Busi mempunyai 2 fungsi utama :
• Membakar campuran udara dan bensin
• Mentransfer panas dari hasil pembakaran sebelum dan sesudahBusi mengalirkan energy listrik dan mengubah bahan bakar menjadi energy. Asupan sumber listrik harus cukup dari sistem pengapian untuk memercikan listrik antara gap busi (baca:katoda+anoda). Kerja tersebut disebut “Kinerja Pengapian Mesin”
Temperatur ujung busi harus terjaga pada suhu serendah mungkin untuk mencegah “Pre-ignition”(baca:ngelitik) tapi setinggi mungkin untuk mencegah “Fouling”(baca:miss ignite) . kerja tersebut disebut “Kinerja Suhu Mesin”, dan ditentukan oleh panas kisaran tertentu.
Perlu di ingat busi tidak menciptakan panas, busi hanya membuang panas. Busi berkerja sebagai penukar panas dengan membuang panas berlebih keluar dari ruang bakar dan mentransfer panas energy ke sistem pendingin mesin. Kisaran panas dapat diukur melalui kemampuan busi untuk membuang panas
Tingkat kemampuan busi mentransfer panas dapat dilihat melalui:
• Panjang insulator busi
• Volume gas sekitar insulator
• Bahan elektroda (baca tip busi “eg iridium,platinum,chopper,ect”) dan insulator porselen (baca:kualitas bahan keramik)Kisaran panas busi tidak berkaitan dengan aliran tegangan listrik dari coil menuju busi. Padalah, kisaran panas diukur melalui kemampuan busi untuk membuang panas berlebih dari ruang bakar. Tingkat kisaran panas dipengaruhi oleh beberapa faktor;
– panjang insulator porselen dan kemampuannya untuk menyerap dan mentransfer panas ruang bakar – bahan insulator porselen dan bahan elektrodacontoh : iridium,platinum,chopper,dll..dsb..
yup..ada berbagai jenis dan merk busi yg bisa kita temui di bengkel2 motor ataupun toko2 aksesoris…gak usah sebut merklah..pasti bro2 semua sudah tau..merk2 apa saja yg bnyak beredar dipasaran… 🙂
kali ini saya cma mau ngasih review pemakaian Busi jenis iridium yg saya gunakan di my piksen…sebelum pakai busi iridium saya sudah mencoba busi standar (pabrik) Platinum dan chopper dari Autolit*…
oia..busi yg saya gunakan adalah Busi iridium Merk D*nso IU24 diameter elektroda 0.4mm .terus apa yg saya saya rasain saat menggunakan busi jenis ini….
– Dibanding Busi d*nso bawaan (pabrik) /standar vixion atau busi NG* platinum maupun autolit* chopere yg pernah saya pakai sebelumnya ada peningkatan, tarikan/akelerasi jadi lebih enteng..0-100km pun cepet didapet..ntah cma sugesti aja..atau memang bener adanya. yg jelas itu yg saya rasain. #mau protes..silahkan…..
– biasanya klo pakai busi standar 3blan sekali ganti busi (6000km) tapi klo pakai busi Iridium udah hampir 9blan atau hampir 20000km belum saya ganti karena performany jgmasih sama seperti waktu pertama kali pasang. imho.
memang sih secara harga terpaut jauh dari busi stadart maupun yg Platinum…busi standar bisa kita tebus dg harga “cuma” 15rb dan yg platinum
30rb bandingkan dg yg Iridium dikisaran harga 90-100rb (tergantung toko penjulanya).
gimana dg bro2 semua…di motornya pakai busi apa nih…? atau yg pakai busi iridium monggo di share pengalamannya… 😀
mahallllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll
. racoen
http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/19/diy-pasang-sendiri-stop-lamp-tiger-revo-ke-honda-megapro-part-13/
By: ipanase on 19 April 2012
at 12:33
enak tapi pan… 😛
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 12:50
aku wes 12.000KM durung gantii 😀
http://areeya2.wordpress.com/2012/04/19/kalo-honda-teralis-itu-kayak-gini-gmna-yya/
By: Ari CX Rider on 19 April 2012
at 12:39
iridium jg to..? 😀
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 12:50
mbuh,,gk mudeng,, NGK sepuluh ewu-nan
By: Ari CX Rider on 19 April 2012
at 12:52
wkwkwkkw..kuwi mah kawe sejuta… 😆
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 12:55
beli busi honda aja 12 rb,wkwkwkwk
By: bimo96 on 19 April 2012
at 13:17
bled tuh businya 12rb.. 😆
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 13:54
busi ajib.. 😀
By: Aa Ikhwan on 19 April 2012
at 13:21
si merah pake busi apaan bro..? Busi Nology ya?
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 14:10
NGK iridium
By: Aa Ikhwan on 19 April 2012
at 15:32
wah dadi kepingin ikut pakai iridium juga katanya emang joss buat tenaga
By: sugiedane on 19 April 2012
at 13:24
monggo pakde..di coba..hehe.. :p
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 14:11
ane masih standart, tiap 5-10rb km ganti..
By: kasamago on 19 April 2012
at 13:31
sip bro… 😀
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 14:11
aku isih sutandar wae…
By: bapakeVALKYLA on 19 April 2012
at 16:04
ganti karo iridium om….
By: tovavanjava on 19 April 2012
at 16:45
larang..
standar wae, sing penting duwe cadangan nek mati ndadak..
😀
By: bapakeVALKYLA on 19 April 2012
at 17:03
TDR balisstic aja gan. . . murah meriah tp performa ny lbh baik dr busi standar
By: Mr_Long'S on 19 April 2012
at 17:28
thanx atas masukannya mas bro… 😀
By: tovavanjava on 20 April 2012
at 09:08
klo ane selalu pake busi ngk platinum, soalnya lebih tahan panas dan juga bikin pengampian bagus gk kaya busi bawaan standar pabrik yg baru 2 bulan udah melempem, tpi itu rekomendasi buat motor berkompresi 9.5 : 1 keatas. klo dibawah itu busi bawaan pabrik juga bisa tahan lama kok.
By: Dr.Feelgood on 19 April 2012
at 21:51
siipppp…. 😀
By: tovavanjava on 20 April 2012
at 09:08
saya pake busi standar tapi awet juga, murah lagi 😀 cuma 10rb – 12rb tergantung bengkelnya
By: rusmanjay on 20 April 2012
at 07:50
yup…yg penting ada businya bro…hihihiihi..
By: tovavanjava on 20 April 2012
at 09:09
Sedang nyoba pakai NGK Platinum C7HVX mas, di revo 100cc… Udah 4000 km, performa mulai trasa turun… 🙂 Sebelumnya pakai TDR Ballistic 😀
By: Dismas on 20 April 2012
at 08:15
jos…. 😀
By: tovavanjava on 20 April 2012
at 09:09
Saya pakai busi berdarah bro… 😀
By: Novian Agung on 20 April 2012
at 10:20
ane juga pake busi iridum ,.,.,.tp maseh aje d asepin fu,.,.,.heheh
By: kharis27 on 20 April 2012
at 20:26
Pengen nyoba pake iridium buat vixi ku, kira2 di bengkel resmi jual ga ya?
By: Young master on 2 September 2012
at 21:51
Betul bro, ane udah hampir 3 th pake iridium gk pernah ganti busi lagi, biasanya dibengkel resmi tersedia, cm kalo gk nanya mereka jg bakal diem aj…secara pengapian, performance & tenaga nyaris stabil tp itu juga ane dukung dengan bahan bakar yang baik (pake pertamax). Tp yang terpenting dengan busi yang baik bisa mencegah keawetan parts2 yang lain…
By: amvee on 6 Oktober 2012
at 08:38
dah 4 taun belom ganti busi, udah saatnya belum yaa
By: pulsa online on 17 Oktober 2012
at 00:39
wah…wah…
yg biasax syang mtor psti ngrti mao pke busi yg bgus yg mn…
kt jauh d bwah pngthuanx yg bwt motor ni sndri brow. si jepang jg udh mndesain sdmikian rupa yg baek untuk temuanx…low kita mrubah stndar pbrik p gk snyang mtor brow??
stiap d klbian psti d kekurngan, stiap d kekurangan psti d klbihan
low mc syank mtor mnding pke yg stdard j brow…meski busi gk than lma tp motorx yg awet. drpd bli mtor lg lbih baek bli busi krna rusak…. (^v^)
By: pram on 14 November 2012
at 09:39
Ga ngerti saya bahasa anda bro
By: Anonim on 6 Desember 2012
at 11:04
ane punya vega zr,,,ane ganti busi standar pke TDR ballansic,,tarikannya lumayan nambah ok,,,
By: ridho on 16 Desember 2012
at 19:29
tu setting COnya berapa gan?
By: vibiprimantono on 1 Januari 2013
at 21:58
coba cari settingan CO yg ps aja gan…bwa ke beres…. 🙂
By: tovavanjava on 2 Januari 2013
at 07:32
Percuma aja pake iridium gan, itu hanya diawalnya aja. Selanjutnya setelah nambah dapat 5000 di sepedonya agan semua akan terasa kalau gak ngefek di mesin motor..
By: Dhodo' on 23 Februari 2013
at 21:48
Emang enak bro, NVL ane aja nempel trus sama ninja 250 modifan. Gokil deh ini busi, di gas dikit aja lngsng ngacir. Btw Jangan anda gunakan full bensin subsidi klo udah ganti busi ini. Yang ada motor ga mau jalan, wkwkwk
By: damn on 1 Agustus 2013
at 16:09
emang ga bsa gan?
By: Anonim on 21 November 2013
at 10:46