Yamah Vixion dibuat akhir 2006 dan awal 2007 cmiiw. jadi mengharuskan vixion untuk lulus uji emisi EURO 2. yamaha memang membuat kelas sport baru dengan teknologi canggih yang menghasilkan gas buang dengan kadar emisi yang rendah maka yamaha meluncurkan teknologi cangih injeksi yang dibantu oleh sistem AIS dan desaign knalpot yang mampu menekan emisi.
namun justru sistem AIS (air induction sistem ) bak pisau bermata dua…dissi lain menguntungkan dg rendahnya kadar emisi gas buang…disisi lain knalpot kadang nembak2 .. š dan kabarnya sedikit mengurangi power motor.
AIS merupakan kepanjangan dari Air Induction Sistem. Berfungsi mengurangi kepekatan gas buang atau polusi. Tentu lewat cara menginjeksikan udara ke dalam lubang exhaust. Sehingga polutan lebih rendah dan dianggap ramah lingkungan.
Teknologi AIS ada di motor baru mulai dari 2006 cmiiw . Gunanya memenuhi standar Euro 2 atau Euro 3. Secara performa mesin, AIS memang tidak menambah tenaga. Bahkan katanya malah mengurangi tenaga. Mungkin karena campuran udara yang diinjeksikan menghambat laju gas buang.
berikut langkah2 cara menutup lubang AIS pada vixion :
Ā 1. Buka tangki bensin
Letak AIS dibawah tangki bensin…untuk bentuknya liat Gb(1).
2. cabut semua selang yg menuju AIS
* Slang A : Dari Filter Udara
* Slang B : Ke silinder head
* Slang C : Dari manifold karbu
semua selangkangan yang menuju lubang AIS harus dibuang semua kemudian ditutup.
3 . Tutup Lubang AIS
caranya :Ā Ā sumbat lubang AIS dengan baut spt gb dibaeah ini (jangan lupa lubang 1 lagi dibagian atas dengan lem besi) atauĀ sumbat lubang AIS dengan menggunakan selang yang sudah ditutup dengan baut yang sesuai, kemudian selangnya di potong…lalu tancapkan lagi pada 2 lubang AIS…(selang jgn terlalu panjang karena kurang efektif..panjang slang cukup 5-8cm..).
4. Tutup semua selang yang sebelumnya menuju ke Lubang AIS
Dilakukan dengan menutup selang tadi (yang dari manifold/filter udara) dengan baut…sesuai dengan cara diatas juga.
SALAM KNALPOT NEMBAK…
duar..duar…duar…. š
*semua kerusakan atau hal2 lain yg disebabkan tips diatas, menjadi tanggung jawab sendiri.Ā
ane udh ditutup AIS nya hampir setahun :D.
pk lem dexton
By: Aa Ikhwan on 9 Februari 2012
at 12:30
mantep a,…ane baru mau coba..di beres bisakah? š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 12:31
bisa harusnya
By: Aa Ikhwan on 9 Februari 2012
at 12:34
oke bro..thanx yah.. š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 12:37
Kalau begitu, standard Euro 2 nya ngga terpenuhi dong?
By: Novian Agung on 9 Februari 2012
at 12:58
klo emisi euro 2 kek nya masih terpenuhi..selain injeksi dan knalpotnya jga dah ada catalic nya..cmiiw… š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 13:13
masbro bisa cek di sini gambar AIS yg disumpal š
By: Aa Ikhwan on 9 Februari 2012
at 13:13
ente tutup ais di vj racing a’ ya..? š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 13:20
yup betul..betul..betul.
By: Aa Ikhwan on 9 Februari 2012
at 13:50
kta mekanik beres g perlu.. enjinernya dah perhitungan..
By: dwi okta nugraha (@kasamago) on 9 Februari 2012
at 13:45
ok bro..thanx atas infonya.. š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 13:48
testing…testing…
By: bapakeVALKYLA on 9 Februari 2012
at 15:32
oohh.. wis iso…
By: bapakeVALKYLA on 9 Februari 2012
at 15:33
mbok kapak e om…ganti email po? š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 15:34
durung tak ganti emaile.
Mau ge error jaringane.
By: bapakeVALKYLA on 9 Februari 2012
at 15:46
selamat..ternyata komeng anda sudah tidak ketangkep satpam..
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 15:34
nang blog pean iyo…
tapi nang blog liyane tetep wae nyangkut…
opo maneh blog gede…
gak bakal ngurusi spam š
By: bapakeVALKYLA on 9 Februari 2012
at 15:35
woh..kok iso ngono yo..?wingi2 q juga nyangkut nan blogke kang taufik..tpi wes dibebaske
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 15:39
ada apa denganmu??
By: bapakeVALKYLA on 9 Februari 2012
at 15:53
woh..darung komen terus peh ne ra ketangkep satpam…wkwkkw..
*g da pa2 om..biasa masalah gawean… š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 15:56
baru tau saya kalau Vixion ada AIS-nya hehehe
o ya bro mau tanya, katanya Vixion itu gantinya RX-King, tapi kok keluar sebelum King didiscontiune (2008) ya hehehe – sorry agak out of topic š
http://redbike92.wordpress.com/2012/02/09/ktm-paris-skutik-murah-rasanya-eropa-oya/
By: redbike92 on 9 Februari 2012
at 16:01
klo untuk gantiin sih g keknya bro..coz ing 2tak,vixi 4tak..coz beda segmen..cmiiw.. š
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 16:10
Nice info masbro š
http://javabiker.wordpress.com/2012/02/09/new-minerva-150-naked/
By: javabiker on 9 Februari 2012
at 21:57
Sip….
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 23:41
belum pernh nembak lagi bro š vixy182.wordpress.com/2012/02/09/design-byson-untuk-touring/
By: vixy182 on 9 Februari 2012
at 23:26
Ok bro…jngan sampe nembak lgi dah
By: tovavanjava on 9 Februari 2012
at 23:40
neg nembak mati rak kang ??
http://areeya2.wordpress.com/2012/02/10/bocoran-next-minerva-150-cc/
By: Ari CX Rider on 10 Februari 2012
at 16:20
pencerdasan otomotip..
baru ngerti ane.. š¦
apik tenan mas š
By: Gianluigi mario on 10 Februari 2012
at 20:39
thanx bro.. š
By: tovavanjava on 11 Februari 2012
at 09:21
knalpotnya ada shotgunnya š
By: bimo96 on 10 Februari 2012
at 21:47
By: tovavanjava on 11 Februari 2012
at 09:21
nambah berapa HP nih???
http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/11/berita-di-welovehonda-membingungkan/
By: ipanase on 11 Februari 2012
at 11:24
2hp Bro..HP cina sama hp samsul…
By: tovavanjava on 11 Februari 2012
at 11:26
mas lubang ais pada jupiter mx sama pa ga’ tempatnya di vixion?
kasih tutorialnya donk!!!
By: Valdy (@febry_valdy) on 16 Maret 2012
at 05:53
seharusnya sih sama ya bro…coz head MX dan Vixi hampir2 sama gitu…tutornya mungkin seperti punya vixi..cmiiw
By: tovavanjava on 16 Maret 2012
at 09:06
[…] Cara nya sudah banyak yang menulis salah satunya di blog milik Bro Tovanjaya. […]
By: Cara Praktis Menutup Lubang AIS Vixion | Sekawan Motor on 31 Agustus 2012
at 11:44
Bro mau nanxa ..motor vixion sya sdah sya ganti ecu cdi BRT,busi racing TDR,pke knalpot racing NOBI tp ko nembak-nembak klo gas turun..
By: AKMAL on 18 Juni 2014
at 22:09