Oleh: tovavanjava | 21 April 2012

“Door Duisternis tot Lich”

Selamat pagi..bro & sis…yup..hari ini Sabtu tepatnya tgl 21-April -2012.

yg kita kenal atau kita peringati sebagai Hari Kartini. agak sedikit OOT nih….yg biasanya saya nulis artikel tentang jalanan dan motor…kali ini sedikit ingin mengenal sosok RA Kartini…siapakah Kartini itu…yg mungkin waktu di Esde guru2 kita sering menceritakan seorang wanita yg di kenal memperjuangkan emansipasi /persamaan gender atas kaumnya.

 

Raden Adjeng Kartini merupakan putri dari golongan bangsawan jawa yaitu Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, seorang Bupati Jepara. Kartini lahir di Jepara, pada tanggal 21 April 1879 dan meninggal pada tanggal 17 September 1904 di Rembang.

 

Keluarga Raden Adjeng Kartini

Habis Gelap Terbitlah Terang ( Door Duisternis tot Lich ) merupakan sebuah buku kumpulan surat-surat Kartini yang di kirimkan kepada sahabat-sahabatnya di Belanda. Buku tersebut merupakan bukti begitu besar keinginan seorang Kartini untuk melepaskan kaumnya dari diskriminasi yang sudah membudaya pada zamannya.

Sebagai penghormatan atas jasa-jasanya sebagai pelopor kebangkitan perempuan, Presiden Soekarno menetapkan tanggal 21 April sebagai hari lahir Kartini dan sekaligus juga menetapkan Raden Adjeng Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional yang di peringati setiap tahun. Dan sekarang di kenal dengan Hari Kartini.

yup…itulah sedikit tentang RA kartini…semoga bermanfaat. 😀

 

 

 

#dirangkum dari berbagai sumber

Iklan

Responses

  1. tp syng banyak kartini2 saat ini yg melebihi batas

    • bahkan tanpa batasan lagi bro… 😀

  2. Selamat Hari Kartini..

  3. Jasa-jasanya yang tak bisa ternilai dengan uang, membuat sesuatu yang berharga bagi kehidupan kaum hawa menjadi lebih baik seperti saat ini. 😀
    ____________________________________________________________

    kapan2 ane entar bakal rayain juga masbro Hari Kartono, emansisapi khusus kaum pria buahahahaha.a.a.a.a….. :mrgreen:

  4. namanya kan harum coba deh nyanyiin lagunya 😀

  5. “HARUM” namanya :mrgreen:

  6. tp sayangnya dah pd kebablasan mengartikannya, mawut akhire. kayax kuda lepas kandang….//
    http://amicirentalmotor.wordpress.com/2012/04/20/supermoto-aroma-trial-2/

  7. Nginget beliau jadi inget, waktu SD seluruh anak pake baju adat :”


yg mau koment silahkan,g juga tidak apa2..thanx dah berkunjung.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: