ada temen saya bilang begini :
“bro…kalau waktu manasin motor (pagi hari ) sebaiknya pake kick stater aja dan kunci kontak off..biar olinya nyebar dulu,,jadi part2 didalam mesin g cepet aus”
karena saya awam akan mesin…ya waktu itu saya ikutin aja sarannya…tapi lama2 kelamaan saya mikir kok sepertinya g logis ya… bagaimana kalau motor2 sport cc gede…kan kebanyakan g ada kick staternya…contoh : Ninja 250,CBR series,Pulsar 200,P200NS,PCX,Vespa LX150ie…
kalau menurut bro2 semua apakah itu hanya mitos atau memang benar adanya? monggo di share… 😀
emang ada juga sih yang bilang gitu…
dan emang motornya aluss banget suarane,, tp kembali ke pribadi masing-masing, aja lah,, meisn anda sama dengan perilaku anda dlam memainkan putaran gas dan mesin,,
http://areeya2.wordpress.com/2012/03/01/bajaj-pulsar-200-ns-with-arm-tubular/
By: Ari CX Rider on 1 Maret 2012
at 09:31
klo mesin halus mungkin karna perawatan kali kang…dan benar cara berkendara…ataukan sering gaspol atau alon2 asal klakon… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 09:32
Lha aku kalo manasin motor biasanya dipisuhi langsung panas…
By: phantomxy on 1 Maret 2012
at 09:47
ckckck…
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 09:48
Saya malah nggak pernah manasin motor (kecuali saat inrayen) 😀
By: Novian Agung on 1 Maret 2012
at 09:54
woh…langsung ngacir dong bro… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 09:56
Kan sudah injeksi 😀
By: Novian Agung on 1 Maret 2012
at 10:00
emang bener sih bro…injeksi pling enak klo wktu stater motor (pagi hari) sekali pencet langsung grengg…. tpi saya jga sll manasin dulu (semenit lah minimal) coz klo g dipanasin biasanya agak kurang enak saat dipakai..imho.. 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 10:03
Sayang mas bro, buang-buang bensin, kan sambil jalan pelan juga mesin bisa jadi hangat, hehehe… 😀
By: Novian Agung on 1 Maret 2012
at 10:13
hehe…ok deh…thanx inpoh nya.. 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 10:18
pernah juga sih liat tetangga pagi2 nginjek2 kick stater tp pas nyalain pake tombol stater tp ga saya tanyain buat apa maksudnya itu,.,.,.
By: kharis27 on 1 Maret 2012
at 11:10
haha… ok. yg penting dirawat aja dah motornya.. 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 11:49
saya selalu pake cara ini buat manasin motor apalagi kalo motor lama ga dipake.
By: rusmanjay on 1 Maret 2012
at 11:16
ok sip… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 11:49
motor saya wajib dipanasin sebelum dijalankan karena pake choke otomatis.. kalo gak dipanasin akan timbul gejala nembak-nembak di knalpot.. nyalainnya pake elektrik starter karena kick starternya saya lepas..
By: raya on 1 Maret 2012
at 11:31
ok bro… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 11:49
pernah mikir gitu juga,jadi pake elektrik starter aja,cuma belum niat u/ lepas kick starternya
By: nanared on 1 Maret 2012
at 12:01
ok bro….aku jg g niat untuk copot staternya…takut ada apa2 dijalan… 😀
thanx dah mampir… 🙂
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 12:06
manasin motor yang jarang dipake sah-sah saja, asal jangan manasin diatas kompor yach..
By: zaqlutv on 1 Maret 2012
at 12:23
hahaha…bakaaarrrr….
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 12:28
aku hampir gak pernah pake kick starter, soale males aja… dah ada fasilitas starter elektrik kok gak dipake… lagian akinya juga bagus… ceklik brummm…. 😀 gas pol…
punya motor kok malah repot pake dipanas2in segala… biasanya sambil keluarin motor dari garasi sekalian dihidupin, maksimal semenit dah kumatiin lagi… hemat bensin…. 😀
kalo manasin mobil beda lagi… kan gak ada kick starter… 😀 dan cukup 5 menit aja… 😀
By: dowey on 1 Maret 2012
at 12:53
ok. thanx bro… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 13:05
ane jg prnh dngr saran ky gtu sob, dn smpe skrng msh ane lakuin. haha 😀
salam kenal,
By: Marczumi Rumambay on 1 Maret 2012
at 14:38
haha…
salam kenal balik mas bro… 🙂
thanx dah mampir… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 14:43
siippp, ane dah follow blog ente. follow balik y, hehe 😀
*just try 2 keep in touch.
By: Marczumi Rumambay on 1 Maret 2012
at 14:47
siapp…mas bro… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 14:49
apapun cara menghidupkan mesin motor tersebut, entah itu dengan memakai kick starter/elektrik starter. yg jelas mesin motor minimal harus dipanaskan terlebih dahulu supaya kondisi suhu oli sebagai media pelumasan bagi mesin bisa lebih bekerja secara optimal sehingga dapat melindungi mesin dari keausan yang berlebih. begitulah kira2 kalo menurut saya mah hehehe 😀
By: Dr.Feelgood on 1 Maret 2012
at 17:11
thank you Dr 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 17:21
sama..teman ane juga da yg bilang gitu bro.malah ada juga yg bilang…inreyen motor gak perlu dijalanin juga ga p2..di hidupin aja tiap hari selama sejam di rumah…glodak …apa bener ya..wkwkw
By: vixy182 on 1 Maret 2012
at 18:09
wkwkwkk…g tau dah tuh klo yg itu…
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 18:18
tiap kali manasin motor pasti pakai kick starter..lha mo gimana lagi..motorku ngga ada elektrik starternya..
By: Iwan Budi Santoso on 1 Maret 2012
at 18:37
hahaha… woh…mesti motornya keeyeeennn nih…
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 18:39
maklum..motor teknologi kuno masbro..pengennya sih yang ada elektrik starternya..brummm..pencet langsung ngacir tanpa ngengkol..
By: Iwan Budi Santoso on 1 Maret 2012
at 19:19
halah…Ninja 150RR kok kuno…. tukeran piye? hahaha..
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 19:25
jadi inget tetangga sebelah kalo manasin motornya pake elektrik staternya n begitu udah nyala langsung di bleyer2 n trus di panteng sampe setengah puteran gas kira2 setengah jaman baru berhenti :D… katanya sih biar mesinnya panas… 😀
ane sendiri kalo pagi idupin motor n ane biarin semenitan baru ane bawa jalan…
By: lukadiyo on 1 Maret 2012
at 19:57
busyetttt….? mpe setengah jam bleyer2nya…. jngan2 jalannya cma 5menit lgi…g sebanding sama manasinnya…
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 21:31
saya kalo mau manasin cukup dipepet sambil blayer-blayer, dijamin bakalan panas dia,
setahuku tujuan manasi motor bukan hanya untuk membuat mesin panas/hangat tapi membuat oli beredar dahulu ke seluruh mesin dengan sempurna
By: enth on 1 Maret 2012
at 20:35
wah…nak kuwi golek musuh kang… 😀
*bener sih kng…tapi manasi go kick stater sek (posisi kontak off) setelah 4-5 engkolan baru diidupin motornya… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 21:32
wajib, sesuai buku panduan… 😀
http://tigeritem.wordpress.com/2012/03/01/lampu-genit-di-fairing-pikson/
By: eyang revonya item on 1 Maret 2012
at 22:34
ok. bro… 😀
By: tovavanjava on 1 Maret 2012
at 23:04
manasin motor dianjurkan jika mesin udah ga aktif sekitar 8 jam lebih, alesannya oli mesin dah pada turun ke bak oli (biasanya terletak paling bawah)..untuk motor yg punya kick starter biasanya dianjurkan pada buku manual sebelum kunci kontak “on”, kick starter di engkol beberapa kali, baru kemudian kunci kontak posisi “on” dan mesin dinyalakan. tujuan ritual ini supaya parts jeroan mesin tersapu cipratan oli sebelum mesin dinyalakan (gesekan parts jeroan mesin secara kontinu berlangsung).. ini juga katanya loh 🙂
By: triclaksono on 2 Maret 2012
at 11:19
sip..thanx infonya mas bro… 😀
salam kenal… 🙂
By: tovavanjava on 2 Maret 2012
at 11:24
ane pake stater tangan aja……dr pd capek ngengkol2 😀
By: bimo96 on 3 Maret 2012
at 21:42
paling banter pake chuk aja.. Soal mesin dingin..
Kalo pake stater kaki belum pernah.. Cz untuk naek kan oli kan ada pompanya?
Untuk berapa lama waktu manasi tergantung motornya aja?
Vario=nunggu choke otomatis mati
satri f=nunggu putaran mesin enteng aja ketika di gantung di 4000rpm
ninja=pake choke uda aja… Paling 1menit aja…
By: anharvictor on 4 Maret 2012
at 21:07
thanx infonya kang… 😀
By: tovavanjava on 5 Maret 2012
at 09:14