Oleh: tovavanjava | 7 Januari 2012

mencicipi aplikasi gps navitel di windows mobile

Apakah GPS itu ? mari tanya ke mbah wiki dulu… 😀

Sistem Kedudukan Sejagat (Bahasa inggrisnya: Global Positioning System (GPS)) adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal  gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, GAlileo Uni eropa, IRNSS India.

Sistem yg dikembangkan oleh DEPHAN AS, dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan, ini adalah salah, NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh, seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS). GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.

sekarang dah ngerti kan apa itu gps? gw cma mau share sedikit tentang aplikasi gps navitel yg gw instal di hp jadul gw yaitu samsung C6625 dg os windows mobile 6.1 sutandar :mrgreen: .  siapkan bahan2nya :

1. sofware gps navitelnya (donlod disini )

2. suara cewek indonesia…hehe.. :mrgreen: (donlod disini )

3. fake cursor (donlod disini  ) fake cursor ini fungsinya kayak kursor mouse di pc.

4. dan yg terakhir map nya (donlod disini )

cara instalasinya : Install navitel nya, lalu ekstak file 0421_Indonesia_spx kopy file ekstrakan tadi ke program files/CNT/WAV. Ekstrak virtual mouse (ada duafile bronze dan green, terserah pake yang mana) kopy file ini ke windows/start menu kalau  sudah semua kembali ke menu/navitel lalu masuk ke tampilan kayak gini (gmbr 1)

gambar 1.

gambar 1.

setelah muncul gambar kayak td masuk ke menu start-fake cursor-setelah fake cursor muncul masuk ke task manager untuk menghapus activesync setelah activesync (gmbr 2) terhapus masih dimenu task manager arahkan cursor ke navitel lalu dobel klik (gmb 3).

Gambar2

Gambar2

setelah proses install navitel dan suara indonesia selesai sekarang proses penambahan map nya klik start-program-klik apa aja lalu arahkan cursor dimana kita tempatkan file map tdi (file map boleh di taruh dimana aja,memori internal/external ) jgan taruh dikantong ye.. :mrgreen:

lalu tunggu sampai map ter loading klo sudah tampilan kayak gini (gmbar 4).

Gambar3

Gambar3

Gambar4

Gambar4

Mudah kan…?? 😀 GPS siap digunakan… hehe…

ternyata hp jadul yg harga (2nd) nya 2set komstir piksen :mrgreen: ternyata bisa di pakein gps jga,lumayan kalau pas ketempat/kota yg kita g tahu dijamin g bakal kesasar..cari2 alamat kayak ayu ting2… 😀

oo ya..sekedar saran saat pakai aplikasi gps ini klo sambil naik motor ada baiknya pakai earphone aja dan dengarkan suara mbaknya yg merdu siap memandu kita dalam perjalanan,dari pada di pegang pakai tangan ntar dikira 4l4Y yg lg riding sambil ber-sms ria… :mrgreen:

Semoga Bermanfaat 😉

Iklan

Responses

  1. hp ane java 😦

  2. g apa2..klo hp java,ntar klo kesasar tanya orang aja ya… :mrgreen:

  3. dibanding garmin mobile… gimana mas bro?
    secara ane pakai garmin mobile di C6625… 🙂
    kalau peta sih… yakin sama saja. karena ambil juga dari nav.net
    secara fitur bigimana?

  4. @fandi : ane belum pernah instal garmin mas bro..jdi g bisa ngebandingin.. 😀
    tp ane rasa soal fitur beda2 tifis lah.. 😀

  5. mas untuk petanya didownload yg tipe apa ya?soalnya tipe server hostingnya ada banyak, makasih…

  6. yg buat navitel mas bro..
    klo sampeyan mau,ane bisa kirimin petanya,g usah donlod..tinggalin aja alamat email sampeyan… 😀

  7. ini mas emailnya: muttaqin_uklik@yahoo.co.id
    makasih mas… 🙂

  8. sory bro..file nya gede banget 146mb, di lampirkan di email g bisa, ni link donlod nya http://navigasi.net/goptd.php pilih yg navitel NM2 server nya yg rapidshare aja, jngan lupa klo udah selesai donlod jlankan dulu file di PC (coz file .exe di windows mobile g bisa jlan) baru ikuti langka2 kek diatas..
    semoga bermanfaat.. 😉

  9. ok,,,,, bs buat perbandingan am garmin

  10. bingung gan.. setelah kopy file kursor.. ane buka navitel munculnya bukan pesan eror.. hmm cara maukin map gimana gan.. jelasi lebih rinci lagi

  11. Gan ane pake Samsung GT B7320 kira2 jalan ga ya,,
    windowsnya 6.5 standart???
    tolong pencerahannya ya….

  12. mas bro,,, peta udah saya dowload, kok ga bisa dijalnin ya,,,/

  13. makasih gan, udah ane coba di valen ane, instalasi dh sukses tapi saat loading maps-nya valen ane langsung Hang, kira2 knp ya…?
    padahal udh ane hard rest tetep aja kl buat jalanin Navitel langsung Hang.
    mohoon masukannya gan..? makasih sebelumnya postingnya sangat bermanfaat.

    • mungkin punyamu uda kebanyakan program.. 😀

  14. thanks bro, ini yg dicaricari

  15. izin sedot gan mau coba di samsung omnia ane..

    • monggo…. 😀

      • gan ko saya nga bisa nabahin map’a bacanya (no map)..
        tolong bantuanya..

  16. kren gan

  17. mas bro minta mapnya donk ini emai saya cilik_lah@yahoo.com
    makasih banyak sebelumnya mas bro

  18. map tdk bisa dibuka divalen karna terlalu besar,coba dihapus beberapa,pasti bisa dibuka tp ya hrs hati2 main hapus kota yg mau dicari bisa ikut terhapus klu asal hapusnya,ini pengalaman saya sama valen pake navitel………

  19. koq ane nggak bisa load mapnya ya?

  20. gan ko saya mapnya enga bisa ya (no map)
    tolong bantuanya ..


yg mau koment silahkan,g juga tidak apa2..thanx dah berkunjung.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: