Oleh: tovavanjava | 16 Juni 2011

Tips & Trik menghindari razia atau tilang polisi

Mungkin banyak kawan-kawan  yg punya kendaraan roda dua baik baru maupun lama,tp belum memiliki surat-surat lengkap ataupun perlengkapan berkendara lainnya, sehingga takut atau masih ragu-ragu untuk lewat jalan-jalan besar atau jalan raya. Sebab takut ditilang oleh PoLantas ataupun oknum-oknum polisi mata duitan. Berikut beberapa Tips  jika kita ingin berkendara di jalan raya & lolos dari razia jalanan.
1)Putar Balik Arah, Bila kita sedang berkendara motor melihat sekitar 500 meter ada razia motor & kelengkapannya. Segera balik/putar arah cari jln alternatif lain yg bisa sampai ke tujuan kita. Ingat jgn sampai polisi curiga atau melihat kita putar arah secara mendadak. Mumpung masih jarak 500 meter segera putar arah.
2)Menyelip disebelah kanan Mobil/Truck, Cara ini anda lakukan jika tdk ada lg jalan lain utk menuju lokasi yg anda tuju selain melalui jalur razia tsb. Segera anda ambil ancang-ancang utk mengendarai motor anda di sela-sela atau di sebelah kanan mobil/Truck yg berukuran besar kalau bisa. Gunanya agar menghalangi pandangan polisi dan begitu berhasil segera anda laju motor anda secepat mungkin tp hati-hati. Untuk melakukan ini bisa di lakukan bila kondisi jalan yg di razia tidak terlalu macet.
3)Matikan Motor dan tuntun motor anda, Cara ini dapat anda lakukan pada jarak 400/300 Meter dari lokasi razia dan bila di sekitar lokasi tidak ada bengkel. Maksudnya anda berpura-pura kendaraan anda rusak atau mogok lalu anda menuntunnya sambil melewati lokasi razia. INGAT !! ANDA TIDAK BOLEH GUGUP ATAU MENCURIGAKAN. Tuntunlah motor anda dgn tenang sampai kira-kira anda merasa sudah aman dari razia. Lalu selanjutnya anda nyalakan dan pergi segera dari lokasi razia biar tidak dikejar.
4)Berpura-pura Menanyakan Arah, Untuk cara ini benar-benar dibutuhkan keberanian dan ketenangan ekspresi muka anda. Dekati salah satu polisi sebelum anda di suruh utk menepikan kendaraan anda. Segera anda berbasa-basi menanyakan arah jalan yg benar-benar terlihat jalan yg anda tuju bukan di daerah tsb. Dijamin polisi dgn senang hati menerangkan kepada anda, karena prinsip dasar polisi ialah mengayomi masyarakat. Begitu polisi selesai menerangkan jalan, segera ucapkan terima kasih dan pergi.
5)Selipkan Uang didalam plastik pembungkus STNK, Cara ini bisa anda lakukan jika anda memiliki STNK & nasib anda benar-benar apes jika terkena razia. Sebelumnya selalu selipkan uang 5000 atau 10000 rupiah pada plastik pembungkus STNK motor kita. Kalau perlu uang lembaran seribuan (atau dua ribuan baru). Begitu di minta menunjukkan STNK segera berikan STNK anda. Maka mau tidak mau polisi tsb akan melihat uang tsb. Jika beliau bertanya “ini uang apa?” atau “uang buat apa ?” segera jawab saja, kalau itu uang jaga-jaga buat tambal ban atau beli bensin. Tujuannya agar polisi itu berpikir ulang utk meminta uang tilang damai. Begitu polisi tsb menawarkan damai kpd anda(INGAT JGN ANDA YG MEMINTA DAMAI,TUNGGU POLISI YG MENAWARKAN KPD ANDA),sehigga ia tdk tega menilang dgn meminta uang yg besar. Jika ia meminta uang segera anda berikan saja uang yg ada pada STNK tsb. Dan lakukan sepintar-pintarnya anda dalam mendramatisir kalau hanya uang itu yg anda punya.

 

 

 

sumber :kaskus.us

Iklan

yg mau koment silahkan,g juga tidak apa2..thanx dah berkunjung.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: