Oleh: tovavanjava | 7 Maret 2012

Hati2….penggunaan rem tromol saat hujan…..

Berkendara saat musim hujan…memang harus extra hati2…selain jalanan jadi licin dan pandangan mata agak berkurang akibat air hujan yg membasahi visor helm kita…apalagi jika malam hari… woh… pandangan jadi blawur… :D

terutama jika motor kita yamaha rem motor kita (rem belakang maksudnya ) masih teromol…

“cara kerja rem tromol  : merupakan tipe rem dengan kekuatan tenaga pengereman diperoleh dari sepatu rem yang diam menekan permukaan tromol bagian dalam yang berputar sama-sama dengan roda.”

pada saat hujan dan setelah habis hujan atau terkena air.. daya cengram rem menjadi lebih pakem… inilah yg terkadang membuat kita agak kehilangan “feel” saat ngerem… yg beresiko menyebaban kecelakaan saat riding…

rem tromol-vixion

 

kejadian ini pernah saya alami sendiri….saat riding dari sawangan depok mau kejakarta…saat itu hujan mengguyur hampir sepanjang perjalanan saya….pas di deket perapatan gaplek (pamulang )…saat itu trafic light berwarna merah….saya gunakan rem depan (cakram ) dan baru rem belakang (tromol ) buat ngimbangin….lha kok…rem belakang jadi pakem banget…injek dikit ban sudah ngunci…wew….hampir dah saya ndolosorrr…karena skil berkendara saya lumayan baik :cool: dan speed cma 60kp/j… + dg bantuan kedua kaki…motor pun seimbang kembali… :D Lanjuuuttttt…dah…ngegazz nya…. :D

yup..sedikit tips buat bro2 semua…riding saat hujan harus extra waspada…karena jalan jadi licin,jarak pandang berkurang,”feel” jarak pengeraman beda saat jalan kering…ada baiknya saat ngerem ambil jarak yg lumayan jauh (30-50m imho)… :D

So…keep safety riding brother…. :D

About these ads

Responses

  1. Pertamax aman…

    • woh…busyettt…. koneksi kilat mode : on :D

      • Uda gak pake BTS lg kang… Pake fiber optic… Wkwkwkw…

  2. apalagi ane yg kacamata berembun masbro :D , mesti jalan kayak keong :mrgreen:

    nice info brader

    • alon2 asal klakon bro… :D yg penting sampai tujuan… :)

      • yup gak usah maksain di kondisi trek basah :D

  3. Sip… Sama hal nya dengan RDB mengalami efek mati gaya… Cz kondisi dingin kanvas rem… Pada dingin sehingga tidak begitu kuat menggit piringan cakram… Jadi… Ngunci dan gesot… Sambil bunyit citzzzz dengan keras… Untung badan saya gedhe… Jadi bebek super saya… Diam dengan bantuan berat badan yg 80++…

    Sambil org2 yg ada di sekit pada ngeliat di kira ada kecelakaan…$glodak malah isin dewe kang….

    • yoi kang….semua psti ada kelebihan dan kekurangannya… :D
      #keep safety aja… :)

  4. waduw,, enak pada ngunci,,
    lha aku,, kaliper rem depan dan rem belakang seolah gak mau mencengkeram piringan cakram..

    alhasil seperti rem blong kalo riding pas ujan,,
    http://areeya2.wordpress.com/2012/03/07/debt-collector-gak-boleh-sita-kendaraan-bro/

    • woh…kuwi luwih bahaya….bisa2 semua orang ditusbolin dari belakang….wkwkwkkw… :D

      • betul kang,, opo meneh nek karo boncengan ,, beeuuh,,,gak iso ngeremm ,, ,

        • KW po calipere… :D

          • seng KW cuma piringan cakrame kang ,

            • halah…piringan cakram murah kok…golek seng bekas2 wae seng asli kan akeh….dari pada ndolosorrr… :D

              • hehe,, huum kang,, seng ono dinggo sek,,
                tapi nek ora udan jan maknyooosssss

                iso ngedrirtt n ngesot-ngesott nganti entek ban’e :mrgreen:

  5. yup benar bro…rem blkg saya juga pakem kalo habis hujan dan di cuci……kebalikan sama cakram yo.. :-) vixy182.wordpress.com/2012/03/07/design-matic-honda-beat-pake-box/

    • bener bro….tapi cakram agak lebih konsisten..g parah banget…jadi “feel” ngeremnya jg masih sama…. :D

  6. . wow,,,,,,,.,.,.,.,.,.pakemmmmm,,,kan kena air,tapi bunyi
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/07/1/

    • Cit…cit…koyok suoro curut… :mrgreen:

  7. perlu skill luar biasa kayak sampean mas :P

    • ah..anda terlalu memuji mas… :cool:

      • saya kan cuma mengulang pernyataan anda sendiri, wakakaka :)

  8. bener, lebih baik pas ujan atau abis ujan pelan2 aj.. kdng kita g tau ap yg akan terjadi..

  9. tidak cuma saat hujana aja mas bro,abis dicuci juga gitu,pakemnya terasa banget,tapi abis itu malah kayak ngeloss

    • sip bro… :)
      memang sudah saat nya rem belkang pake cakram… :D

  10. wogh untung ga jatuh hehehe
    wah harus lebih hati2 lagi nih hehe

  11. Setuju, lbh berhati-hati saat hujan ;)
    http://javabiker.wordpress.com/2012/03/07/operasi-kecil-si-chuby/

  12. saya juga pernah mengalami hal yg sama gan.

  13. supraq cakram depan belakang….asikkk :D

  14. wah klo soal penggunaan rem tromol disaat ujan, klo menurut ane pribadi justru lebih aman, karena tingkat tekanan kampas rem tromol tidak sekuat tekanan pada rem cakram pada umumnya. tetapi yg perlu kita adaptasikan ialah cara kita memahami karakter motor yg kita tunggangi masing2 bagaimana sikap kita ketika sedang riding disaat hujan. :D


yg mau koment silahkan,g juga tidak apa2..thanx dah berkunjung.. :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d bloggers like this: